a a a a a a
logo

Media

DOK SULINGJAR 2024DOK SULINGJAR 2024

Survey Lingkungan Belajar 2024

Survey Lingkungan BelajarSurvey Lingkungan Belajar

Mulai hari ini Rabu, 11 September 2024 link pengisian Survey Linkungan Belajar sudah dibuka. Sebagai tindak lanjut kegiatan ANBK Siswa maka Kepala Sekolah dan Para guru juga mengisi Survey Lingkunag Belajar tahun 2024

LKS NASIONALLKS NASIONAL

Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan informasi Bangunan SMKN 52 Jakarta 3 kali berturut turut meraih medali emas pada Lomba Kompetensi Siswa tingkat Naional. 

PELATIHAN SMART SCHOOLPELATIHAN SMART SCHOOL

SUPERVISI KELASSUPERVISI KELAS

Supervisi kelas adalah proses yang dilakukan untuk memantau, menilai, dan meningkatkan kualitas pembelajaran di dalam kelas. Tujuan utamanya adalah untuk mendukung dan meningkatkan kemampuan guru, serta memastikan bahwa siswa mendapatkan pengalaman belajar yang efektif. Berikut adalah beberapa aspek penting dalam supervisi kelas:

1. Observasi Kelas

  • Pengamatan Langsung: Supervisi sering melibatkan pengamatan langsung terhadap kegiatan belajar mengajar untuk menilai metode pengajaran, interaksi antara guru dan siswa, serta efektivitas materi yang diajarkan.
  • Catatan Observasi: Mengambil catatan mengenai teknik pengajaran, manajemen kelas, dan keterlibatan siswa.

2. Pemberian Umpan Balik

  • Umpan Balik Konstruktif: Setelah observasi, memberikan umpan balik yang mendukung dan membangun, fokus pada kekuatan dan area yang perlu diperbaiki.
  • Diskusi: Mengadakan pertemuan dengan guru untuk mendiskusikan temuan dan rekomendasi.

3. Pengembangan Profesional

  • Pelatihan dan Workshop: Menyediakan kesempatan bagi guru untuk mengembangkan keterampilan mereka melalui pelatihan tambahan atau workshop.
  • Mentoring: Menyediakan bimbingan langsung dan dukungan dari sesama guru atau supervisor.

4. Penilaian Kinerja

  • Evaluasi Kinerja: Melakukan evaluasi terstruktur mengenai kinerja guru berdasarkan standar yang telah ditetapkan.
  • Penetapan Tujuan: Bekerja sama dengan guru untuk menetapkan tujuan kinerja dan strategi untuk mencapainya.

5. Manajemen Kelas

  • Strategi Pengelolaan Kelas: Membantu guru dalam mengembangkan strategi untuk manajemen kelas yang efektif dan menciptakan lingkungan belajar yang positif.
  • Resolusi Konflik: Membantu mengatasi dan menyelesaikan masalah atau konflik yang mungkin timbul di kelas.

6. Penggunaan Data

  • Analisis Data: Menggunakan data dari penilaian siswa, observasi, dan feedback untuk membuat keputusan yang didasarkan pada bukti tentang praktik pengajaran dan pembelajaran.
  • Perbaikan Berkelanjutan: Menerapkan temuan dari analisis data untuk perbaikan berkelanjutan dalam proses pengajaran.

7. Kolaborasi

  • Kerja Sama: Mendorong kolaborasi antara guru, staf, dan manajer pendidikan untuk berbagi praktik terbaik dan solusi untuk masalah yang umum dihadapi.
  • Komunitas Pembelajaran Profesional: Membentuk kelompok atau komunitas di antara guru untuk saling mendukung dan berbagi pengalaman.

Logo Website
SMK Negeri 52 Jakarta
Jl. Tarunajaya, Cibubur, Jakarta Timur. 13720
Telp/Fax : 0218732519Email : smkn52jakarta@gmail.com
Switch to Desktop Version
Copyright © 2018 - SMK Negeri 52 Jakarta All Rights Reserved
Jasa Pembuatan Website by IKT