logo
Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019

Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019

timinfo@smkn52jkt. Lahirnya Pancasila adalah judul pidato yang disampaikan oleh Soekarno dalam sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (bahasa Indonesia: "Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan") pada tanggal 1 Juni 1945. Dalam pidato inilah konsep dan rumusan awal "Pancasila" pertama kali dikemukakan oleh Soekarno sebagai dasar negara Indonesia merdeka. Pidato ini pada awalnya disampaikan oleh Soekarno secara aklamasi tanpa judul dan baru mendapat sebutan "Lahirnya Pancasila" oleh mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam kata pengantar buku yang berisi pidato yang kemudian dibukukan oleh BPUPK. Dan sejak tahun 2017, tanggal 1 Juni resmi menjadi hari libur nasional untuk memperingati hari "Lahirnya Pancasila".
Hari ini Sabtu, 1 Juni 2019 di bulan Ramadan 1440 H, adalah bertepatan dengan hari lahir Pancasila. Untuk hal tersebut, SMK Negeri 52 Jakarta yang terdiri dari Staf Manajemen, Bapak/Ibu Dewan Guru dan staf tata usaha, serta para peserta didik kelas 10 dan 11 memperingati hari lahir Pancasila dengan melaksanakan upacara bendera di lapangan utama.
Kegiatan ini dimulai jam 06.30 WIB dengan pembina upacara adalah Kepala SMK Negeri 52 Jakarta. Pada kesempatan ini pembina upacara membacakan sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Idiologi Pancasila. Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi "politik harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, Ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa utuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, kita pancasila. Sukses untuk civitas SMK Negeri 52 Jakarta.
Berita Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019
Other Information Footer Copyright Information whatsapp image 2019 06 01 at 06 59 19
Logo Website
SMK Negeri 52 Jakarta
Jl. Tarunajaya, Cibubur, Jakarta Timur. 13720
Telp/Fax : 0218732519Email : [email protected]
Copyright © 2018 - SMK Negeri 52 Jakarta All Rights Reserved,
Jasa Pembuatan Website by IKTLink Mobile